Mengenal Sosial Media Marketing (SMM)

sosial media marketing

Apa itu SMM sebenarnya? SMM merupakan kependekan dari Social Media Marketing. Arti SMM sendiri adalah sebuah teknik pemasaran di internet yang bertujuan untuk mendapatkan kunjungan dari pengguna internet ke situs tertentu sampai terjadinya transaksi jual beli dengan menggunakan sosial media (sosmed).

Akibat perkembangan teknologi yang begitu pesat dan akhirnya menuntut semua orang untuk mengikuti perkembangan tersebut agar mampu bersaing di dunia digital. Teknik marketing SMM ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah brand, jasa atau produk yang lebih spesifik.

Lalu apa sih sebenarnya sosial media marketing ini? Manfaat apa yang akan kita dapatkan? dan bagaimana cara kita untuk memanfaatkan sosial media? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, simak penjelasan detail dibawah ini.

Sosial Media Marketing (SMM)

Menurut wikipedia Sosial Media Marketing adalah penggunakan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan produk atau layanan.

Pemasaran di sosial media ini tidak hanya memposting teks, gambar atau video saja, Namun juga mencangkup seperti iklan berbayar yang dapat memperluas zona pemasaran.

Hampir semua sosial media dapat digunakan sebagai sarana teknik marketing ini. Adapun beberapa jenis sosial media yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Youtube, Twitter dan masih banyak lagi.

Penggunaan sosial media ini dapat membantu para pengusaha untuk memperkenalkan bisnis yang baru dirintis ataupun perusahaan dengan jangkauan baru yang lebih luas.

Manfaat Penerapan Sosial Media Marketing

Dalam penerapan teknik sosial media marketing ini banyak manfaat yang akan kita dapatkan seperti :

  • Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis adalah dengan mengenal pelanggan lebih dekat. Sosial media adalah cara yang tempat untuk membuat proses pengenalan ini menjauh lebih cepat dan luas dibandingkan dengan sebelumnya.

  • Menentukan Target Konsumen Lebih Efektif

Anda juga dapat menentukan target konsumen yang lebih spesifik dengan mudah menggunakan fitur yang disediakan oleh sosial media seperti Facebook dan Instagram yang memungkinkan Anda untuk memilih kategori dan juga Geo-targetting.

  • Mempermudah Dalam Mendapatkan Feedback

Dengan sosial media Anda akan dapat melihat feedback positif maupun negatif dari konsumen secara langsung, yang dimana feedback sendiri merupakan informasi berharga untuk produk atau layanan yang Anda berikan.

Sebagai contoh, jika Anda mengeluarkan produk atau layanan baru dan mempostingnya ke sosial media, orang yang telah melihat postingan bisa memberikan tanggapan berupa like ataupun comment. Dari sanalah Anda bisa menilai produk layanan menarik atau tidak.

  • Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Menaikan Search Engine

Salah satu keuntungan paling besar yang bisa Anda rasakan adalah meningkatnya pengunjung website secara langsung. Anda bisa langsung merasakannya setelah memposting di berbagai sosial media dan membagikannya ke grup-grup ataupun fanspage.

Jika postingan sangat menarik dan bermanfaat untuk mereka, bisa saja mereka membagikan postingan tersebut sehingga Anda akan menjangkau orang lebih banyak lagi.

Terlebih salah satu faktor yang membuat SEO website Anda bisa ada di rank #1 google adalah backlink yang berkualitas dan traffic yang banyak. Disini sosial media bisa mendapatkan keduanya dari backlink sampai traffic bisa didapatkan.

  • Mendapatkan Konsumen baru Setiap Menitnya

Setelah Anda mendapatkan jangkauan lebih luas, itu berarti kemungkinan untuk mendapatkan konsumen baru akan menjadi lebih besar. Kenapa? karena secara tidak langsung konsumen yang sebelumnya tidak mengetahui produk dan layanan Anda telah melihatnya melalui sosial media, dan jika mereka membutuhkan produk layanan Anda mereka akan segera memesannya.

Cara Mudah Menjadi Marketing Sosial Media

Setelah mengetahui manfaatnya lalu bagaimana cara kita bisa menjadi seorang marketing sosial media ini? Tidak sulit untuk bisa terjun kedunia marketing sosial media ini. Anda hanya membutuhkan kreatifitas dalam membuat konten yang dapat menarik banyak pengguna sosial media. Anda juga harus bisa mengetahui konten apa yang sedang ramai disukai oleh masyarakat dan bisa memprediksikan konten apa yang kira-kira akan viral, setelah Anda bisa mengetahui hal ini maka Anda bisa jadi sukses dengan cepat.

Tidak hanya kreatifitas yang tinggi, Anda juga memerlukan follower/pengikut yang banyak agar bisa menjangkau banyak orang sekaligus, semakin banyak orang yang melihat produk dan layanan Anda maka semakin bagus. Bagaimana cara kita bisa mendapatkan followers dengan cepat? Jika ingin instan maka Anda bisa membeli followers sebanyak-banyaknya.

Untuk membeli followers, like, subscribers bisa dapatkan di panel-panel smm yang ada. Namun hati-hati disaat memilih SMM Panel ataupun jasa all sosmed tidak sedikit dari mereka yang menipu para membernya. Dan sangat kami sarankan untuk membeli followers yang aktif jangan yang bot.

Jadi itu lah sedikit pengetahuan dari saya seputar apa itu smm, manfaat dari smm, dan juga cara mudah menjadi marketing sosial media. Jangan lupa share postingan ini agar orang lain bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *