Syarat Monetisasi Akun YouTube Terbaru Tahun Ini

syarat monetisasi akun youtube 2021

Sebelumnya YouTube hanya digunakan untuk melakukan aktivitas berbagi video yang bisa dilihat semua orang dan diberi feedback berupa like dan komen pada video. Seiring perkembangannya teknologi video pada YouTube bisa dimonetisasi untuk memperoleh penghasilan tambahan. Sebelumnya perlu memahami syarat monetisasi akun YouTube. Anda bisa simak hingga selesai supaya mengetahui informasi lebih lanjut.

Simak Syarat Monetisasi Akun YouTube

Monetisasi sendiri merupakan sebuah aktivitas yang bertujuan supaya akun YouTube individu ataupun instansi bisa memberikan penghasilan. Aktivitas moneterisasi bersifat sah dan mempunyai syarat pada penggunaannya.

Untuk monetisasi Anda perlu melakukan beberapa prosedur Hal ini bertujuan supaya iklan juga mendapat manfaat dari banyak orang yang menonton. Pastinya Anda akan rugi jika memasang iklan pada creator yang memiliki sedikit penonton dan konten yang ditawarkannya tidak menarik. Berikut syarat monetisasi yang perlu diketahui.

Memiliki Minimal 4000 Jam Waktu Tonton

Anda perlu mempunyai minimal 4000 jam waktu tonton, hal ini untuk memastikan bahwa jumlah subscriber yang Anda miliki adalah subscriber aktif. Hal ini karena beberapa creator YouTube banyak yang curang dengan memalsukan subscriber untuk memenuhi syarat.

Memiliki Minimal 1000 Subscribers

Supaya adsense bisa masuk ke akun YouTube Anda butuh mempunyai 1000 subscribers. Subscribers adalah akun YouTube dari orang lain yang berlangganan pada kanal YouTube Anda. Saat Anda memiliki 1000 subscriber, bisa diartikan bahwa Anda sudah memiliki pasar karena konten yang dibuat.

Baca Juga: Cara Ampuh Menambah Subscriber Youtube Dengan Mudah

Setelah kedua ketentuan dan syarat monetisasi akun sudah terpenuhi pihak YouTube akan memverifikasi untuk memastikan bahwa kanal YouTube layak untuk dijadikan media beriklan. Sesudah berhasil dimonetisasi pemilik akun akan mendapat penghasilan tambahan yang dikirim secara rutin oleh pihak YouTube.

Ketentuan Content

YouTube partner program memiliki tujuan supaya creator membuat konten yang menarik dan bermanfaat untuk para penonton. Membuat konten supaya YouTube tersebut tetap bisa di monetisasi, ada beberapa batasan.

Contohnya creator dilarang membuat konten yang di dalamnya ada konten milik orang lain seperti video artikel dan musik yang memiliki hak cipta. Jika Anda sebagai creator tetap melakukannya kemungkinan besar YouTube akan diblokir dan otomatis menetralisasi tidak bisa dilakukan. Langgar hak cipta tentu berisiko tuntutan hukum dari pihak konten originalnya sebab mengambil konten tanpa izin dari pembuat aslinya.

Penghasilan yang diperoleh dari monetisasi tergantung dari subscriber viewers durasi video dan jumlah video pada akun tersebut. Semakin banyak jumlah parameter, maka semakin banyak biaya yang diperoleh. Konten yang mendidik dan bagus akan menambah jumlah adsense pada video yang dibuat.

Mengetahui Apa yang Bisa Dimonetisasi

Usai tahu monetisasi ialah kegiatan atau suatu proses mengubah sesuatu jadi pendapatan. Kira-kira apa yang bisa di monetisasi? Situs web bisa Anda gunakan untuk monetisasi supaya mendapatkan penghasilan.

Caranya sangat mudah Anda hanya perlu mendaftarkan website pada Google AdSense, jika di setujui Anda sudah bisa memperoleh uang dari blog pribadi. Jika konten yang di buat menarik dan banyak pengunjung yang melihat website maka kesempatan untuk memperoleh uang semakin besar.

Tidak hanya website Anda bisa menggunakan platform lain untuk memperoleh tambahan penghasilan. Itulah salah satu praktik monetisasi yang biasa di lakukan oleh content creator. Tujuannya supaya memperoleh penghasilan.

Tips Mengembangkan Konten Supaya Memperoleh Dimonetisasi

Ada cara yang tepat adalah membuat konten serta mengembangkannya dengan konsisten agar bisa melakukan monetisasi. Cara mengembangkan konten supaya bisa memperoleh di monetisasi sebagai berikut.

Menjaga Orisinalitas

Menjaga orisinalitas membuat Anda berbeda dengan website atau brand lain. Dengan begitu jangan sampai Anda melakukan plagiasi saat membuat konten untuk Website. Jaga orisinalitas Anda untuk memperoleh perhatian dari agensi atau brand, karena orisinalitas melahirkan ciri khas tersendiri untuk Anda.

Melakukan Monetisasi

Jika konten Anda sudah banyak tidak ada salahnya untuk melakukan monetisasi. Anda bisa mendaftarkan ke Google AdSense atau mempromosikan suatu produk dari brand.

Mengidentifikasi Keahlian

Untuk membuat konten yang bagus Anda perlu mengetahui keahlian atau kesukaan. Jika sudah menentukan keahlian Anda akan mudah untuk membuat konten yang menarik.

Pemilihan Media

Jangan lupa untuk mengetahui kelebihan yang Anda miliki. Jika keahlian yang Anda miliki adalah menulis Anda bisa menggunakan blog untuk menyalurkan konten dan melakukan monetisasi. Jika Anda memiliki keahlian dalam membuat video dan menulis tidak ada salahnya Anda menggunakan keduanya yaitu blog dan YouTube untuk dimonetisasi.

Konsisten Saat Membuat Konten

Setelah mengetahui konten dan media yang cocok mulai membuat, konsisten merupakan kunci supaya plafon Anda mendapat di monetisasi dengan cepat. Pastikan tetap menjaga orisinalitas content supaya terlihat beda dengan yang lain.

Keuntungan Monetisasi

Berbagi Ilmu

Untuk bisa memenuhi syarat monetisasi akun, Anda harus membuat konten pada platform pribadi. Dalam pembuatan konten Anda harus mencermati dan meneliti isi konten terlebih dahulu supaya bisa menyampaikan dengan baik kepada penonton. Secara tidak langsung Anda telah membagikan ilmu yang sudah di pelajari kepada seluruh audiens.

Menambah Wawasan Digital

Pada zaman sekarang memperoleh uang bukan hanya dari dunia online saja tetapi bisa dari online atau internet. Maka dari itu, untuk melakukan dan mempelajari monetisasi dari sekarang adalah hal terpenting. Karena wawasan ini akan berguna untuk waktu yang panjang.

Memperoleh Penghasilan Tambahan

Salah satu keuntungan saat melakukan monetisasi adalah Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan. Saat Anda pekerja kantoran yang memperoleh gaji per bulan tetapi, gaji perbulan terasa tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu monetisasi memberi solusi yang tepat atas segala keresahan mengenai keuangan. Nah itu tadi syarat monetisasi akun, Anda bisa mencoba untuk monetisasi YouTube. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *